Bale Pelayonan, Persemayaman Jenazah Keluarga Keraton Cirebon sebelum Dimakamkan

Bale Pelayonan, Persemayaman Jenazah Keluarga Keraton Cirebon sebelum Dimakamkan

CIREBON - Setiap jenazah keluarga Keraton Cirebon baik Kasepuhan, Kanoman, maupun Kacirebonan, yang akan dimakamkan di Kompleks Makam Gunung Sembung terlebih dahulu disemayamkan di Bale Pelayonan. Lokasinya persis di depan Lawang Gede.

Bale Pelayonan sendiri berupa bangunan seperti saung berbentuk persegi panjang yang terbuat dari kayu jati.Di Bale Pelayonan, jenazah keluarga Keraton Cirebon akan disalatkan sebelum diantarkan ke tempat peristirahatan terkahir.

\"Tradisinya begitu, nanti ketika jenazah sampai, transit di Bale Pelayonan untuk disalatkan dan setelahnya baru diantarkan ke tempat peristirahatan terakhir,\" ujar Sofyan salah satu juru kunci yang ditemui Radar di KompleKs Makam Gunung Sembung.

Baca juga:

Kabar Duka, Sultan Sepuh PRA Arief Natadiningrat Meninggal Dunia

Jenazah Almarhum Sultan Sepuh XIV Dimakamkan Samping Orang Tua

Seperti diberitakan, tempat peristirahatan terkahir Sultan Kasepuhan Cirebon XIV, PRA Arief Natadiningrat sudah disiapkan di Kompleks Makam Gunung Sembung Desa Astana Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Rabu (22/7).

Letak makam Almarhum PRA Arief berada satu kompleks dengan orang tuanya, Sultan Sepuh XIII. Kepastian tersebut terlihat dari liang lahat yang sudah disiapkan petugas. Lokasinya persis di samping makam ayah dan nenek dari almarhum PRA Arief.

Salah satu juru kunci Kompleks Makam Gunung Jati, Sofyan, saat ditemui Radar Cirebon mengatakan, kompleks makam Sultan Kasepuhan berada di pintu ke-4. \"Tadi sudah digali tempat untuk pemakamannya, ada di kompleks pintu ke-4,\" ujarnya.

Baca juga:

Jenazah Almarhum Sultan Sepuh Tiba di Keraton Kasepuhan Cirebon

Mengenang Perjalanan Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat yang Aktif di Berbagai Organisasi

Sebelum dimakamkan, menurut Sofyan, jenazah keluarga keraton Cirebon yang dimakamkan di kompleks makam Gunung Sembung akan terlebih dahulu disalatkan di Playonan. (dri)

Lihat video menarik di bawah ini:

https://youtu.be/mn9XTBUawNA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: